Laporan Pemasaran Online

A. Konsep Laporan Pemasaran Online

1.Pengertian Pemasaran Online 

            Pemasaran Online adalah upaya yang dilakukan untuk melakukan pemasaran produk dan jasa melalui media elektronik/internet.

2. Pengertian Laporan Keuangan dan Penjualan 

            Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan yang digunakan menggambarkan kinerja perusahaan. laporan keuangan lengkap meliputi:
a. neraca
b. laporan laba rugi komprehensif, laporanyang mengukur keberhasilan kinerja perusahaan selama periode tertentu. Informasi tentang kinerja perusahaan digunakan untuk menilai dan memprediksi jumlah dan waktu atas keetidakpastian arus kas masa depan.
c. laporan perubahan ekuitas, salah satu dari laporan keuangan yang harus dibuat oleh perusahaan yang menggambarkan peningkatan atau penurunan aktiva bersih atau kekayaan selama periode yang bersangkutan berdasarkan prinsip pengukuran tertentu yang dianut.
d. laporan perubahan posisi keuangan
e. catatan dan laporan lain. 
          Laporan penjualan merupakan kumpulan informasi penjualan yang disajikan sebagai bahan pencatatan dan analisa penjualan dalam pengambilan keputusan.


3. Manfaat laporan keuangan bagi pembisnis

1. referensi untuk mengambil keputusan
2. informasi perhitungan pajak
3. melihat jumlah keuntungan

4. Tujuan laporan keuangan

  • Informasi laporan keuangan sebagai bahan evaluasi dan bahan perbandingan dalam melihat dampak keuangan
  • informasi keuangan perusahaan bertujuan menilai perusahaan pada masa yang akan datang 
  • informasi perubahan posisi keuangan memberikan suatu manfaat dalam menilai invstasi

5. Sifat laporan keuangan

1. Dapat dipahami
2. Relevan
3. Keandalan
4. Dapat diperbandingkan




B. Komponen Laporan Pemasaran Online

1. laporan keuangan

komponen nya yaitu:

a. Neraca

terdiri dari 3 unsur : 

1. Aset 
           adalah sumber yang memberikan manfaat usaha dikemudian hari.
           Macam-macamnya : 
  • Piutang Usaha (berasal dari kegiatan perusahaan)
  • Persediaan (aset perusahaan untuk dijual,produksi, supplies)
  • Biaya dibayar dimuka (biaya yang dibayar namun pembebanannya baru dilakukan)
  • Aset tetap (aset berwujud yang siap pakai)
  • Aset Tidak Berwujud (aset non-moneter yang diidentifikasikan dan tidak memiliki wujud fisik)
2. Liabilitas
  • Hutang Usaha = liabitas yang timbul dalam kegiatan normal operasi perusahaan
  • Hutang Pajak = jumlah PPH terutang untuk periode mendatang
3. Ekuitas (modal)

  • Modal Disetor = jumlah dari bagian modal dasar yang ditempatkan dan disetor
  • Laba Rugi 

B. Laporan Laba Rugi

komponen utamanya :
  • Pendapatan Usaha
  • Beban Pokok Penjualan
  • Laba/rugi kotor
  • Beban Usaha
  • Laba/rugi Usaha

C. Laporan Arus Kas

komponen arus kas :
  • Aktifitas Operasi
  • Aktifitas Investasi
  • Aktifitas Pendanaan

C. Menyusun Laporan Pemasaran Online

1. Mengevaluasi Aktivitas Pemasaran

1.Pertimbangkan Alasan Melakukan Riset Pasar dan Membuat Laporan 
2.Berusahalah mencari tahu masalah yang pelanggan alami
 3. Jelaskan solusi masalah secara mendetail
 4. Tentukan berapa besar efektifitas produk dalam mengatasi masalah.
 5. Tentuka keunggulan kompetitif produk kita
 6. Lakukan evaluasi cara memasarkan produk saat ini.
 7. Ukurlah Efektivitas Pemasaran produk
 8. Buatlah laporan pemasaran 

2. Membuat Laporan Ringkas Kinerja Perusahaan

1. Ketahui manfaat laporan ringkas kinerja perusahaan
2. Deskripsikan perusahaan anda
3. Uraikan tujuan riset yang akan anda lakukan
4. Lakukan evaluasi 
5. Sajikan data konversi pemasaran
6. Akui jika mengalami kendala saat mengumpulkan data

3. Menyiapkan Laporan Pemasaran

1.Buatlah perkiraan tren
2. Hitunglah rasio keuntungan terhadap modal
3. Lakukan survei lalu olahlah hasilnya
4. Manfaatkan laporan pemasran 

D. Membuat Laporan Pemasaran Online

1. Laporan Penjualan

a. Analisa Penjualan

     adalah pengetahuan yang didapatklan dari hasil analisis data yang diperoleh dari kegiatan penjualan yang dikaitkan dengan upaya untuk memaksimalkan kinerja suatu organisasi.
analisa didasarkan pada 4 hal :
1. Analisa Penjualan menurut Daerah
2. Analisa Penjualan menurut Barang Produksi
3. Analisa Penjualan menurut Langganan/nasabah
4. Analisa Penjualan menurut Besarnya Jumlah Pesanan/order

b. Penentuan Harga

    adalah proses menentukan apa yang akan diterima suatu perusahaan dalam penjualan produknya.
tujuaannya :
1. Tujuan Memaksimalkan Laba
2. Tujuan Pangsa Pasar
3. Untuk Menutup Kerugiaan

c. Pemasaran Produk

    adalah suatu kegiatan yang harus dilakukan untuk memperkenalkan produk secara lebih luasb ke masyarakat.
strategi memasarkan produk :
1. Menggunakan Sosial Media
2. Menawarkan Produk Secara Gratis
3. Memilih Tempat Strategis
4. Memberi Insentif Untuk Rekomendasi
5. Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan

d. Penawaran Harga

    Produsen/penjual menawarkan harga barang kepada konsumen

e. Pemesanan

    adalah proses pemesanan barang/jasa dari pembeli ke penjual

f. Pencatatan Customer

    adalah kegiatan pencatatan identitas customer yang melakukan pemesanan barang.

g. Pengiriman Barang

    adalah Kegiatan pengiriman fisik barang dari gudang ketempat tujuan yang disesuaikan dengan dokumen pemesanan dan pengiriman.

h. Retur

    adalah proses penerimaan kembali barang dagangan oleh pihak penjual atas pengambilan barang
alasan barang di retur :
1. barang rusak/cacat
2. barang tidak sesuai pesanan
3. barang tidak laku ditoko

i. Penagihan Pembayaran

1. penerimaan pembayaran
2. membuat laporan penjualan

2. Laporan Keuangan

a. Tahap-tahap laporan keuangan BO

b. Membuat Laporan Keuangan







Komentar